5 Jurus ampuh dalam memilih sebuah template

Baca Juga

zano99blog
Tips Memilih Template

Tips memilih template yang benar

Template memang sangat penting bagi sebuah blog untuk mendapatkan traffic tinggi , Karna template juga bisa disebut "Raja" pada sebuah blog. Template lah yang menentukan berapa lama visitor akan berjalan jalan di blog anda karna dengan template yang indah , responsive dan loadingnya cepat visitor akan lebih betah berlama lama dan melihat lihat isi blog anda.

Memang saat ini banyak sekali website berisi template template gratis namun jangan tergiur karna "Gratis" nya dulu , Sebelum anda memutuskan untuk mendownload sebuah template yang anda lakukan adalah anda harus melihat spesifikasi/fitur yang terdepat pada template tersebut. Jika anda memilih template hanya karna design dan tampilannya saja anda salah besar , Karna design yang bagus belum tentu berkualitas bagus maka dari itu lihatlah fitur yang ada dalam template tersebut terlebih dahulu.

1.Templatenya responsive atau tidak ?

Zano99 Blog
Responsive Design
Saat anda memilih template pastikan template tersebut mempunyai fitur Responsive , Apa sih yang dimaksud Responsive ? Responsive berarti template yang anda gunakan dapat digunakan pada perangkat apapun , misalnya kita membukanya lewat ponsel/tablet maka dengan adanya fitur Responsive saat kita buka melalui ponsel/tablet template tersebut akan otomatis menyesuaikan ukuran ponsel/tablet yang kita gunukan , Dengan begitu kita dapat membukanya kapan pun dan dimana pun tanpa harus membawa laptop atau PC.

Fitur Responsive pada sebuah template juga mempengaruhi Seo pada blog , Karna fitur tersebut akan mempengaruhi kenyamanan pengunjung saat berkunjung ke blog anda. Jika template yang anda gunakan tidak responsive maka pengunjung yang mengakses blog anda via ponsel/tablet akan merasa tidak nyaman saat berkunjung pada blog anda dan dengan begitu pengunjung tidak akan mau balik lagi karna ketidaknyamanan yang mereka rasakan dan dengan berkurangnya pengunjung maka traffic blog anda akan anjlok dan blog anda akan kalah bersaing pada search engine. Karna blog yang responsive akan unggul di mesin pencari ketika pengunjung ingin mengaksesnya via ponsel/table.

2.Templatenya User Friendly atau tidak ?

Zano99 Blog
User Friendly Design
Fitur User Friendly juga sangat penting bagi sebuah template , Bagi yang belum tau User Friendly itu adalah fitur yang bertujuan untuk kenyamanan mata pengunjung pada saat mereka mengakses blog anda. User friendly dapat diartikan juga sebagai tampilan yang akan dilihat oleh pengunjung , Semakin bagus tampilannya maka semakin lama juga pengunjung akan berjalan jalan di blog anda. User friendly juga mengaitkan widget karna dengan penataan widget yang baik dan tidak berlebihan maka pengunjung tidak akan pusing jika sedang mengakses blog anda. User friendly juga dapat diartikan sebagai kemudahan pengunjung pada saat mengakses blog anda

Tampilan yang simple dan tidak membingungkan  akan membuat template anda menjadi User Friendly maka dari itu mulai sekarang rapihkanlah widget yang ada pada blog anda , Lepaskanlah widget yang menurut anda tidak bermanfaat bagi pengunjung , Tata widget serapih mungkin agar pengunjung tidak bingung. Dengan tampilan yang simple , rapih , dan mudah diakses maka blog anda akan mampu bersaing di search engine

3.Templatenya SEO friendly atau tidak ?


zano99 blog
Meta Tags
Pastikan template yang anda gunakan mempunyai fitur SEO Friendly , fitur Seo Friendly juga sangat penting bagi sebuah blog karna jika template yang anda gunakan tidak memiliki fitur Seo friendly maka kemungkinan blog anda tidak mampu bersaing di mesin pencari , Kenapa begitu ? Karna fitur Seo friendly meliputi Meta Tags  , Heading , Robots , dan Title Tag yang sangat mempengaruhi blog pada saat berada di mesin pencari. Biasanya template yang dibekali dengan fitur ini akan mempunyai loading yang cepat dan akan mematuhi aturan penggunaan meta yang dibuat oleh google.

Template yang mempunyai fitur SEO Friendly biasanya akan menyisipkan Meta Tags  , Heading Robots , dan Title Tag , Anda ditugaskan untuk mengeditnya saja , misalnya anda tinggal cari saja kata kunci yang unik dan tepat untuk blog anda lalu masukkan ke dalam Meta Tags yang sudah di sediakan , Dan selebihnya seperti Heading , Robots , dan Title Tag anda atur saja sesuai keinginan anda 

Manfaat menggunakan fitur Seo Friendly :
  • Lebih cepat terindex di google
  • Meningkatkan Traffic
  • Lebih disukai oleh mesin pencari
  • Akan berada pada Top 10 page  pada halaman pertama di mesin pencari
  • Artikel lebih cepat terindex di mesin pencari
  • Meningkatkan Pagerank jadi lebih mudah
  • Struktur yang rapih

4.Templatenya fast loading atau tidak ?

zano99 blog
Must be Fast Loading

Sebelum anda memutuskan untuk memilih sebuah template ada baiknya anda cek dulu kecepatan loadingnya , jika loadingnya diaatas 80 % berarti template anda mempunyai fitur Fast Loading dan jika tidak maka sebaiknya anda cari template yang lain saja. Fast Loading sangat mempengaruhi kenyamanan pengunjung pada saat mengakses blog kita , Coba bayangkan misalnya anda mempunyai komputer dengan spek pentium 3 namun anda memaksakan untuk memainkan GTA V maka apa yang anda rasakan ? Pastinya komputer anda akan terasa sangat lambat kan ? Pastinya anda sangat kesal dan bete menunggu nya , Nah perasaan itulah yang dirasakan oleh pengunjung pada saat mengunjungi suatu blog yang loadingnya super lelet. Maka dari itu jangan sampai template yang anda gunakan memiliki loading yang lambat karna itu sangat tidak bagus untuk blog anda.

Template dengan loading yang cepat akan berada di bagian paling atas pada nsaat anda mengaksesnya di mesin pencari karna template yang memiliki loading yang cepat akan lebih disukai google dibandingkan dengan template yang memiliki loading super lelet. Oleh sebab itu jika anda tidak ingin kehilangan pengunjung terus menerus maka gunakanlah template yang memiliki loading yang cepat.

5.Templatenya Valid HTML 5 atau tidak ?

zano99 blog
HTML 5
Pastikan template yang anda gunakan sudah menggunakan bahasa pemrograman HTML 5 , HTML 5 adalah hasil pengembangan dari bahasa pemrograman HTML yang bertujuan untuk memperbaiki bahasa pemrograman agar mendukung teknologi multimedia terbaru yang berfungsi agar mudah dibaca oleh manusia dan mudah dimengerti oleh mesin pencari.

Manfaat Menggunakan fitur HTML 5 :
  • HTML 5 akan membantu blog anda agar lebih cepat terindeks di mesin pencari
  • Proses render browser akan lebih cepat dan itu akan mempengaruhi kecepatan blog anda , Jika render browser dapat dilakukan dengan cepat maka proses memuat halaman blog anda juga menjadi cepat
  • HTML 5 support browser terupdate
  • Dapat memuat Audio dan Vidio berkualitas tinggi
  • Membuat blog anda lebih dinamis 
  • dan masih banyak lagi
Sekian artikel ini saya buat , semoga bisa membantu anda yang sedang membutuhkan ilmu yang ada pada artikel ini. Komentar dan saran anda bisa masukkan ke kolom yang sudah di sediakan , Jadilah blogger yang menguntungkan orang lain bukan menguntungkan diri sendiri. "You help them , they will help you"
Previous
Next Post »

8 komentar

Click here for komentar
Anonymous
24 February 2016 at 06:35 ×

makasih gan buat tippsnya ,,

Balas
avatar
admin
Anonymous
24 February 2016 at 06:38 ×

kalo ane suka yang simple dan responsif, ga muluk muluk, hehe

Balas
avatar
admin
Anonymous
24 February 2016 at 06:41 ×

mantap gan, salam kenal ya :D

Balas
avatar
admin
24 February 2016 at 22:03 ×

no 1 dan 4 menurut ane yang paling penting gan

Balas
avatar
admin
24 February 2016 at 22:04 ×

iyaa ane sukanya yang responsive, simple pokoknya. tapi realitanya.. wkwk

Balas
avatar
admin
25 February 2016 at 03:11 ×

Wahh mantep nih artikel

Balas
avatar
admin
25 February 2016 at 03:12 ×

Wahh mantep nih artikel

Balas
avatar
admin
25 February 2016 at 03:17 ×

Mowh..kyk gitu setau ku blog ku termasuk yang fast loading page juga tpi ,tpi tempelate ku tidak mendukung penggunaan fitur mobile frienly :(

Balas
avatar
admin

[-] Berkomentarlah Dengan Sopan
[-] Berkomentarlah Sesuai Dengan Topik Yang Di Bahas
[-] Dilarang Memasukkan Link Yang Menuju Situs Porno
[-] Dilarang Berkata Kotor
[-] Jika Tidak Paham Dengan Artikelnya , Tanyakan Di Komentar
[-] Anda Sopan Saya Pun Segan Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment